PENGARUH LATIHAN NAIK TURUN TANGGA DAN LATIHAN PUSH UP TERHADAP KECEPATAN RENANG 50 METER GAYA DADA

  • Yoga Andesta Chan universitas negeri padang
  • Hastria Effendi universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kecepatan renang 50 meter gaya dada pada atlet pemula Tirta Kaluang Kota Padang, karena pada saat melakukan renang gaya dada, semakin lama kecepatan renang semakin rendah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan naik turun tangga dan latihan push-up terhadap peningkatan kecepatan renang 50 meter gaya dada pada atlet pemula Tirta Kaluang Kota Padang.

Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober dan 24 Novermber2019. Peneliti memberikan program latihan selama 16x pertemuan, setelah diberikan latihan maka akan diukur kecepatan renang 50 meter gaya dada. Populasi penelitian adalah seluruh atlet renang Tirta Kaluang Kota Padang yang berjumlah 23 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, jumlah sampel8 atlet pemula yang terdiri dari 3 atlet putra dan 5 atlet putri. Rancangan Penelitian ini adalah One Group Pre Test Post Test Design.Instrumen yang digunakan untuk mengukur kecepatan renang 50 meter gaya dada adalahtes kecepatan renang 50 meter gaya dada. Data dianalisis dengan menggunakan uji t(t-test).

Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan naik turun tangga dan latihan push-up terhadap peningkatan kecepatan renang 50 meter gaya dada pada atlet pemula Tirta Kaluang Kota Padang dimana  thitung (3,42) > ttable (2,13) pada putra dan thitung (3,06) > ttable (2,92) pada putri.Jadi kesimpulannya penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh latihan naik turun tangga dan latihan push up terhadap kecepatan renang 50 meter gaya dada atlet Tirta kaluang Kota Padang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-17
How to Cite
Chan, Y., & Effendi, H. (2020). PENGARUH LATIHAN NAIK TURUN TANGGA DAN LATIHAN PUSH UP TERHADAP KECEPATAN RENANG 50 METER GAYA DADA. JURNAL STAMINA, 3(6), 322-334. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/508

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.