PENGARUH METODE LATIHAN DRILLTERHADAP KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PEMAIN BOLA VOLI PUTRI SMA

  • Septio Aziz Maulana universitas negeri padang
  • Muhamad Sazeli Rifki universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu kemampuan teknik dasar permainan bola voli yang dimiliki pemain masih rendah. Variabel dalam penelitian ini metode latihandrillterhadap kemampuan teknik dasar (servis, passing atas, dsn passing bawah). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari metode latihan drill terhadap kemampuan teknik dasar pemain bolavoli putri SMA Negeri 1 Pantai Cermin.

Jenis penelitian ini adalaheksperimen (eksperimen semu)yang bertujuan untuk melihat pengaruh perlakuan terhadap variabel. Adapun perlakuan dalam penelitian ini adalah metode latihan drill. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 27 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purporsive sampling. Dengan demikian jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah 10 orang pemain bolavoli SMA Negeri 1 Pantai Cermin. Instrumen dalam penelitian ini ialah Reatead volleyball test, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t dengan taraf siginifikan  α = 0,05.

Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata pre test diperoleh 22,70 dan skor rata-rata setelah post test 24,60 , berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung= 6,12  > ttabel=1,83 (passing atas), pre test diperoleh 23,20 dan skor rata-rata setelah post test 24,80 , berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung= 5,93  > ttabel=1,83 (passing bawah), pre test diperoleh 17,50 dan skor rata-rata setelah post test 22,80 , berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung= 14,72  > ttabel=1,83 (servis)  dengan taraf kepercayaanα = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh yang signifikan dari metode latihanterhadap kemampuan teknik dasar pemain bolavoli putri SMA Negeri 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-17
How to Cite
Maulana, S., & Rifki, M. (2020). PENGARUH METODE LATIHAN DRILLTERHADAP KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PEMAIN BOLA VOLI PUTRI SMA. JURNAL STAMINA, 3(6), 305-313. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/506

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.