KONTRIBUSI DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN JUMP SHOOT PADA PERMAINAN BOLABASKET

  • Shanty Dwi Putri universitas negeri padang
  • Muhamad Sazeli Rifki universitas negeri padang

Abstract

Masalah penelitian adalah rendahnya kemampuan jump shoot bola basket Klub Batavia Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontribusi daya ledak otot tungkai dan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan jump shoot bola basket Klub Batavia Kota Padang.

Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain bola basket Klub Batavia Kota Padang yang ikut dan masih aktif menjalani latihan yang berjumlah 35 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Jadi, sampel dalam penelitian ini yaitu pemain Putra Klub Batavia Kota Padang yang berjumlah 20 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variabel. Variabel keterampilan jump shoot diukur dengan tes standing jump Shoot, variabel daya ledak otot tungkai diukur dengan vertical jumpdan variabel kekuatan otot lengandiukur dengan tes push up. Data dianalisis dengan menggunakan product moment.

Hasil dari analisis data diperoleh : (1) Dari hasil diperoleh daya ledak otot tungkai memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan jump shoot Pemain bola basket Klub Batavia Kota Padang, ditandai dengan hasil yang diperoleh thitung = 3,24 > ttabel = 1,734 dan memberikan sumbangan sebesar 37%. (2) Dari hasil diperoleh kekuatan otot lengan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan jump shoot Pemain bola basket Klub Batavia Kota Padang, ditandai dengan hasil yang diperoleh thitung = 2,85 > ttabel = 1,734 dan memberikan sumbangan sebesar 31%. (3) Terdapat kontribusi yang signifikan secara bersama-sama antara daya ledak otot tungkai dan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan jump shoot Pemain bola basket Klub Batavia Kota Padang, ditandai dengan hasil yang diperoleh Fhitung = 13,94 > Ftabel = 3,59 dan memberikan sumbangan sebesar 62%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-17
How to Cite
Putri, S., & Rifki, M. (2020). KONTRIBUSI DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN JUMP SHOOT PADA PERMAINAN BOLABASKET. JURNAL STAMINA, 3(6), 287-304. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/505

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.