PENGARUH LATIHAN PLIOMETRIK JUMP TO BOX DAN SIT UP TERHADAP KEMAMPUAN HEADING PEMAIN SEPAKBOLA

  • Windo Pratama universitas negeri padang
  • Anton Komaini universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan heading  yang dimiliki pemain sepakbola di SMA Negeri 3 Solok Selatan, selama pertandingan 90 menit permainan sepakbola dari 10 kali melakukan heading hanya 3 kali yang tepat sasaran, dan mudah kehilangan bola.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan PliometrikJump to box dan Sit up terhadap Kemampuan Heading pemain Sepakbola di SMA Negeri 3 Solok Selatan. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 19 Desember - 21 Januari 2020.Populasi penelitian adalah seluruh pemain sepakbola di SMA Negeri 3 Solok Selatan yang berjumlah 20 orang.Penarikan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, jadi jumlah sampel sebanyak 20 orang.Instrumen yang digunakan untuk mengukurkemampuan heading adalahTes kemampuan Heading, dengan mengambil jarak sundulan heading yang dihasilkan. Data dianalisis dengan menggunakan uji t(t-test). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihanPliometrikJump to box dan Sit up terhadap Kemampuan Heading pemain Sepakbola di SMA Negeri 3 Solok Selatan.Dimana   t hitung > t tabel  (5,62 >1,72), dengan skor rata-rata (7,49) Pre-test dan (8,84) Post-test.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-29
How to Cite
Pratama, W., & Komaini, A. (2020). PENGARUH LATIHAN PLIOMETRIK JUMP TO BOX DAN SIT UP TERHADAP KEMAMPUAN HEADING PEMAIN SEPAKBOLA. JURNAL STAMINA, 3(5), 276-286. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/504

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.