KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT PERUT DAN KELENTUKAN OTOT PINGGANG TERHADAP KEMAMPUAN SMASH ATLET BOLA VOLI PUTRA

  • Renold Hefendri universitas negeri padang
  • Hanif Badri universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kemampuan smash pada atlet bolavoli putra Universitas Negeri Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi antara kekuatan otot perut dan kelentukan otot pinggang terhadap kemampuan smash atlet bolavoli putra Universitas Negeri Padang.            

Penelitian ini merupakan jenis korelasional, dengan populasi penelitian ini sebanyak 20 atlet putra. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling, jadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 atlet Putra. Kekuatan otot perut diukur dengan sit-up test dan kelentukan otot pinggang dengan bridge-up test, selanjutnya tes kemampuan smash bolavoli. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda.                                                            

Hasil Penelitian: Terdapat kontribusi antara kekuatan otot perut dengan kemampuan smash bolavoli sebesar 54,16%. Kelentukan otot pinggang memberikan kontribusi dengan kemampuan smash bolavoli sebesar 35,64%. Kemudian, kekuatan otot perut dan kelentukan otot pinggang berkontribusi secara bersama-sama terhadap kemampuan smash bolavoli sebesar 62,33%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-29
How to Cite
Hefendri, R., & Badri, H. (2020). KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT PERUT DAN KELENTUKAN OTOT PINGGANG TERHADAP KEMAMPUAN SMASH ATLET BOLA VOLI PUTRA. JURNAL STAMINA, 3(5), 255-264. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/502

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.