KONTRIBUSI AKTIVITAS FISIK TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA SMPN 4 LEMBAH GUMANTI

  • Muharamda Muharamda universitas negeri padang
  • Hastria Effendi universitas negeri padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Kontribusi aktivitas fisik harian terhadap kebugaran jasmani siswa SMP Negeri 4 Lembah Gumanti. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian korelasional untuk melihat kontribusi aktivitas fisik harian terhadap kebugaran jasmani siwa SMP Negeri 4 Lembah Gumanti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang belajar di SMP Negeri 4 Lembah Gumanti pada tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga dari 209 populasi siswa SMP Negeri 4 Lembah Gumanti, sampel dalam penelitian ini dipilih sebanyak 27 orang. Instrumen yang digunakan adalah Physical Activity Questionnaire for Adolescents (PAQ-A) dan Tes Kebugaran Jasmani Indonesi umur 13-15 tahun. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS.

Hasil aktivitas fisik siswa yaitu; tidak ada siswa yang berada pada klasifikasi sangat tinggi maupun tinggi, 4 orang atau (15%) yang berada pada klasifikasi sedang, 19 orang atau (70%) yang berada pada klasifikasi rendah, dan 4 orang atau (15%) yang berada pada klasifikasi sangat rendah. Hasil kebugaran jasmani siswa yaitu tidak ada orang yang berada pada klasifikasi baik sekali, dan 5 orang atau (18%) berada pada klasifikasi baik, 9 orang atau (33%) berada pada klasifikasi sedang, 11 orang atau (41%) berada pada klsifikasi kurang, dan 2 atau (8%) berada  pada klasifikasi kurang sekali. Berdasarkan analisis yang dilakukan antara aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani siswa SMP Negeri 4 Lembah Gumanti diperoleh hasil korelasi 0,617 yang mana angka tersebut menunjukkan korelasi kuat. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-29
How to Cite
Muharamda, M., & Effendi, H. (2020). KONTRIBUSI AKTIVITAS FISIK TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA SMPN 4 LEMBAH GUMANTI. JURNAL STAMINA, 3(5), 229-239. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/500

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.