KONTRIBUSI TINGKAT KONSENTRASI TERHADAP KETEPATAN MENDARAT ATLET PARALAYANG PADA SPOT LANDING

  • Rismon Elvian universitas negeri padang
  • Anton Komaini universitas negeri padang

Abstract

Masalah penelitian adalah masih banyak yang gagal menentukan titik spot landing ditim Bungsu Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota, diduga dipengaruhi oleh atlet yang tidak konsentrasi sebelum mendarat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi tingkat konsentrasi terhadap ketepatan mendarat atlet paralayang pada spot landing di Tim Bungsu Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh yang berjumlah sebanyak 20 orang. Pengambilan sampel ini di lakukan dengan mengunakan teknik total sampling yaitu yang berjumlah  20 orang. Instrumen penelitian ini melalui tes konsentrasi dengan tes grid concentration test dan tes ketepatan mendarat dengan alat ukur pad digital.Teknik analisa data menggunakan teknik analisis korelasi product moment (korelasi sederhana) dengan taraf signifikan α = 0,05.

Hasil analisis diperoleh hasil koefisien korelasi rxy = 0,697 > rtabel = 0,444 (hipotesis penelitian diterima) dan pengujian pengaruh korelasi diperoleh thitung  = 4,13 > ttabel= 1.73 (signifikan) pada taraf signifikan α= 0.05. Dari hasil di atas diperoleh nilai determinasi (r²) =0,486, adanya kontribusi konsentrasi sebesar 48,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-28
How to Cite
Elvian, R., & Komaini, A. (2020). KONTRIBUSI TINGKAT KONSENTRASI TERHADAP KETEPATAN MENDARAT ATLET PARALAYANG PADA SPOT LANDING. JURNAL STAMINA, 3(4), 195-206. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/497

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.