HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN KESEGARAN JASMANI SISWA SMK NEGERI 1 PARIAMAN

  • Rezky Dayu Putra universitas negeri padang
  • Arif Fadli Muchlis universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pada saat  pelaksanaan praktek ada sebagian siswa yang kelelahan dan mengantuk sehingga tidak konsentrasi dengan tugas prakteknya yang menyebabkan terjadi kecelakaan kerja yang membahayakan dirinya sendiri. Rendahnya tingkat kesegaran jasmani menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan kerja tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kadar hemoglobin dengan kesegaran jasmani siswa SMK N 1 Pariaman.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, dengan populasi penelitian ini sebanyak 410 siswa-siswi kelas XI yang terdiri dari 394 siswa putra dan 16 siswi putri. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini sebanyak 18 siswa putra kelas XI jurusan BKP. Kadar hemoglobin diukur dengan tes Easy Touch dan kesegaran jasmani diukur dengan tes TKJI. Data yang di kumpulkan di uji dengan uji korelasi dengan menggunakan rumus korelasi sederhana dari product moment.

Hasil Penelitian di dapatkan kadar hemoglobin berada pada dalam batas normal (14,8 gram/dl) dan tingkat kesegaran jasmani berada pada kategori kurang (13,2). Hubungan antara kadar hemoglobin dengan kesegaran jasmani sebesar 0,582dengan taraf signifikan 1,75 dan arah hubungan satu arah (+) dengan kekuatan hubungan sedang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-28
How to Cite
Putra, R., & Muchlis, A. (2020). HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN KESEGARAN JASMANI SISWA SMK NEGERI 1 PARIAMAN. JURNAL STAMINA, 3(4), 176-186. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/495

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.