PENGARUH LATIHAN SIDE TO SIDE BOX SUFFLE TERHADAP KEMAMPUAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI ATLET TAEKWONDO SMA 3 PADANG

  • Muara Hamonangan universitas negeri padang
  • Wilda Wellis universitas negeri padang
  • Windo Wiria Dinata universitas negeri padang

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan daya ledak otot tungkai atlet tungkai SMA 3 PADANG. Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh Latihan Side To Side Box Sufle terhadap daya ledak otot tungkai atlet taekwondo SMA 3 Padang.

Penelitian ini merupakan ekperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet taekwondo SMA 3 PADANG berjumlah 60 orang .pengambilansampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu terlebih dahulu. Dengan demikian pengambilan sampel sebanyak 10 orang yang seringan bertanding dan umur 15-18 tahun. Instrument dalam penelitian ini menentukan daya ledak otot tungkai menggunakan Standing Broad Jump. Daya yang diperoleh menggunakan rumus uji t.

Hasil penelitian menunjukan : terdapat pengaruh yang signifikan antara latihan Side To Side Box Shufle terhadap daya ledak otot tungkai atlet taekwondo SMA 3 PADANG dengan perolehan Thitung(11,06)>ttabel (2,26). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada Taekwondo SMA 3 Padang yang ingin meningkatkan daya ledak otot tungkai agar dapat menggunakan latiha Side To Side Box Shufle.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-30
How to Cite
Hamonangan, M., Wellis, W., & Dinata, W. (2020). PENGARUH LATIHAN SIDE TO SIDE BOX SUFFLE TERHADAP KEMAMPUAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI ATLET TAEKWONDO SMA 3 PADANG. STAMINA, 3(3), 168-175. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/494

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.