PENGARUH KOPI TERHADAP DAYA TAHAN KARDIOVASKULER PADA ATLET SEPAKBOLA (PETIDURAN BARU)

  • Melia Ovinda Sari universitas negeri padang
  • Pudia M Indika universitas negeri padang
  • Hastria Effendi universitas negeri padang
  • Lucy Pratama Putri universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih percaya nya pelatih dan atlet untuk mengomsumsi minuman energi, agar tidak mudah kelelahan dalam melakukan latihan sepakbola, dan pada dasarnya atlet lebih harus banyak latihan agar fisik lebih kuat dan tidak mudah kelelahan, dan kurangnya latihan yang maksimal sehingga dapat  menimbulkan kelelahan. Maka Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kopi terhadap dayatahan kardiovaskuler pada atlet sepakbola PB (PetiduranBaru).

Jenis Penelitian ini adalah exsperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kopi terhadap dayatahan kardiovaskuler pada atlet sepakbola PB (PetiduranBaru). Populasi dalam penelitian ini adalah atlet sepakbola PB (PetiduranBaru). Teknik  Pengambilan sampel menggunakan teknik porposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dayatahan kardiovaskuler pemain sepakbola dengan menggunakan multistage fitness test or bleep test. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan Uji t- Test

Hasil pengolahan data dalam penelitian ini adalah thitung>ttabel= 2,884>2,447, artinya pemberian kopi yang diterapkan penulis dapat memberikan peningakatan dayatahan kardiovaskuler pada atlet sepakbola PB (PetiduranBaru). Sehingga kopi yang diberikan oleh penulis dapat juga digunakan dalam proses meningkatkan dayatahan kardiovaskuler pada pemain sepakbola. Yang paling utama dalam peningkatan VO2Maks dengan latihan yang rutin.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-30
How to Cite
Sari, M., Indika, P., Effendi, H., & Putri, L. (2020). PENGARUH KOPI TERHADAP DAYA TAHAN KARDIOVASKULER PADA ATLET SEPAKBOLA (PETIDURAN BARU). JURNAL STAMINA, 3(3), 162-167. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/493

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.