PENGARUH VIRUS COVID 19 TERHADAP BIDANG OLAHRAGA DI INDONESIA

  • Nugroho Susanto universitas negeri padang

Abstract

Dalam rentang waktu hanya beberapa bulan, virus COVID-19 telah berhasil menyebar ke banyak negara di Asia. Salah satunya negara yang mengalami dampak Covid 19 yakni Indonesia.  Virus corona merupakan virus yang dapat menyerang mahkluk hidup baik itu hewan maupun manusia dan sampai saat sekarang ini belum ditemukan vaksin untuk pencegahan tehadap covid 19. Dampak pandemik virus corona terhadap khususnya dunia olahraga yakni berbagai ajang event olahraga banyak yang ditunda diantaranya adalah  otomotif, sepakbola, golf, tenis, balap sepeda, olimpiade, bola basket, rugby, atletik dan biliyard.

Hasil dari survei ini menunjukkan bahwa kota yang akan meyelenggarakan event olahraga mengalami krisis COVID sehingga menimbulkan dampak negatif langsung pada penyelenggaraan acara olahraga sehingga menimbulkan dampak krisis keuangan  akan bertahan hingga 2021. Negara Indonesia merupakan salah satu dari berbagai negara di dunia yang mengalami dampak COVID 19. Dampak yang dialami khususnya dibidang olahraga di negara Indonesia yakni untuk penyelenggarakan PON di Papua tahun 2020 ini gagal serta di berhentikan kompetisi liga 1 yang ada di Indonesia

Namun, melalui masa-masa sulit ini, kota tuan rumah yang menyelenggarakan event menemukan cara baru melalui olahraga. Program pelatihan berbasis web telah berkembang melalui media kemudian menjadi titik temu bagi komunitas dan penggemar olahraga. Dengan terus mengupayakan sosialisasi terhadap coronavirus di berbagai media sosial  masyarakat disarankan oleh ahli kesehatan untuk mengurangi perjalanan dan tinggal di rumah sebagai sarana dasar untuk membatasi paparan orang virus. Para ahli dan pemerintah  menyarankan selama covid 19 untuk menjaga tubuh tetap bugar dengan berolahraga di rumah menggunakan berbagai cara yang aman, sederhana, dan mudah dilakukan. Latihan yang cocok untuk menghindari kontak dengan orang banyak dan menjaga meningkatkan kebugaran. Bentuk-bentuk latihan semacam ini termasuk pada latihan penguatan untuk keseimbangan dan kontrol dan  latihan peregangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-30
How to Cite
Susanto, N. (2020). PENGARUH VIRUS COVID 19 TERHADAP BIDANG OLAHRAGA DI INDONESIA. JURNAL STAMINA, 3(3), 145-153. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/491

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.