HUBUNGAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN PERSEPSI DIRI SISWA PUTRI KELAS V DAN VI SD
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah masih banyak siswa putri kelas V dan VI SD Negeri 24 Parupuk Tabing, yang memiliki tingkat persepsi diri rendah pada dirinya terhadap aktivitas fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan motorik dengan persepsi diri siswa putri Kelas V dan VI SD 24 Parupuk Tabing Padang. Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 49 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secra total sampling. Dengan demikian jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah 49 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap dua variabel. Untuk kemampuan motorik di ukur dengan tes keamampuan motorik, sedangkan persepsi diri diukur dengan mengunakan koesioner. Data dianalisis dengan korelasi productmoment. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: terdapat hubungan yang berarti (siknifikan) anatara kemampuan motorik dengan persepsi diriĀ Siswa Putri Kelas V dan VI SD Negeri 24 Parupuk Tabing Padang, dengan rhitung 0,343 > ttabel 0,281. Itu artinya, kemampuan motorik merupakan sebuah variable preditor untuk meningkatkan persepsi diri siswa putri, dalam melakukan aktivitas fisik disekolah.