PENGARUH LATIHAN DEPTH JUMP AND SIDESTEP TERHADAP DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI PEMAIN BOLA VOLI

  • Ilal Putra Dianto universitas negeri padang
  • Apri Agus universitas negeri padang
  • Windo Wiria Dinata universitas negeri padang
  • Yogi Andria universitas negeri padang
Keywords: Daya Ledak Otot Tungkai, Depth Jump, Side Step

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan daya ledak otot tungkai pemain Bola Voli Koto Rawang Kabupaten Pesisir Selatan, Sehingga pada saat latihan atau pertandingan pemain tidak mampu melakukan block dan smash. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan Depth Jump And Side Step terhadap daya ledak otot tungkai pemain Bola Voli Koto Rawang Kabupaten Pesisir Selatan.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu,  Penelitian ini dilaksanakan

Pada tanggal 21 Juni 2019- 21 Juli 2019 di lapangan bola voli koto rawang kabupaten pesisir selatan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah  15 orang, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes daya ledak otot tungkai dengan menggunakan Vertical Jump. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan Uji t-test.

Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh latihan Depth Jump And Side Step terhadap data ledak otot tungkai pemain bola Voli Koto Rawang Kabupaten Pesisir Selatan, terbukti karena thitung 2,966  lebih besar dari ttabel 1,753.Hal ini menunjukan bahwasanya latihan Depth Jump And Side Step dapat merubah daya ledak otot tungkai pemain bola Voli Koto Rawang Kabupaten Pesisir Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Apri. (2012). Olahraga kebugaran jasmani. Padang: Sukabina Pres.
Arikunto, suharmi. ( 2010 ). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: RinekaCipta.
Bafirman. (2010). Pembentukan Kondisi Fisik. Malang: Wineka Media.
Erianti. 2004. Buku Ajar Bola Voli, Padang: Sukabina Press.
Neelly,Ed Mc. 2007. Power Plyometrics maidenhead: Meyer And Meyer sport (UK) Ltd. 2007 ISBN : 978-1-84126-200-0.
Sudjana, 1992. Metoda Statistika, Bandung: Taraito.
Silabus Dan Handout Statistik 2. 2017: Universitas Negeri Padang.
Published
2020-02-28
How to Cite
Dianto, I., Agus, A., Dinata, W., & Andria, Y. (2020). PENGARUH LATIHAN DEPTH JUMP AND SIDESTEP TERHADAP DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI PEMAIN BOLA VOLI. JURNAL STAMINA, 3(2), 92-102. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/486

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.