PROFIL TENTANG KEMAMPUAN MOTORIK DAN STATUS GIZI ANAK SUKU DALAM MENTAWAI

  • Hermanto Hermanto universitas negeri padang
  • Anton Komaini universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya profil tentang kemampuan motorik dan status gizi anak suku dalam Mentawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. profil tentang kemampuan motorik dan status gizi anak suku dalam Mentawai.Jenis penelitian ini adalah deskriptif.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh anak suku dalam kepulauan Mentawai Siberut Barat Desa Simatalu, yang berjumlah 58 orang anak yang berusia 10 -12 tahun. Teknik pengambilan sampel diambil dengan total sampling. Dengan demikian jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah 58 orang anak. Teknik pengumpulan data motorik dilakukan dengan tes lempar bola basket, lari 4 detik, passing bola kedinding dan lompat jauh tanpa awalan, teknik pengumpulan data status gizi dengan menimbangan berat badan dan mengukur tinggi badan anak. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan bentuk persentase. Hasil analisis menyatakan bahwa : 1) Kemampuan motorik anak putra dan putri suku dalam Mentawai termasuk kategori sedang. 2) Status gizi anak putra dan putri suku dalam Mentawai termasuk kategori kurus.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-20
How to Cite
Hermanto, H., & Komaini, A. (2019). PROFIL TENTANG KEMAMPUAN MOTORIK DAN STATUS GIZI ANAK SUKU DALAM MENTAWAI. JURNAL STAMINA, 2(12), 138-152. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/428

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.