PENGARUH LATIHAN PASSING DENGAN VARIASI TARGET TERHADAP KEMAMPUAN PASSING PADA TIM SEPAKBOLA SMAN 3 BUNGO

  • Toriq Aris Muta```al universitas negeri padang
  • Anton Komaini universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan passing pada tim sepakbola SMA N 3 Bungo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan passing dengan variasi target terhadap kemampuan passing pada tim sepakbola SMA N 3 Bungo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan pada Juni - Juli 2019 dilapang spc . Populasi dalam penelitian ini adalah tim sepakbola SMA N 3 Bungo yang berjumlah 20 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu sesuai dengan kriteria yang diinginkan peneliti. Maka sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang laki laki. Setelah dilakukan tes awal (pre test) seluruh sampel, dilanjutkan dengan diberi perlakuan selama 4 minggu (16 kali pertemuan), dalam 1 minggu dilakukan 4 kali pertemuan, berdasarkan pemberian latihan passing dengan variasi dan diakhiri dengan tes akhir (post test). Analisis data dan pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α=0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: terdapat pengaruh pemberian latihan passing dengan variasi target terhadap kemampuan passing dengan t-hitung 10,28 > t-tabel 1,761. Dengan demikian pemberian latihan passing dengan variasi target memberi pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan passing. Dengan peningkatan pengaruh latihan passing dengan variasi target sebesar = 32,60%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-20
How to Cite
Muta```alT., & Komaini, A. (2019). PENGARUH LATIHAN PASSING DENGAN VARIASI TARGET TERHADAP KEMAMPUAN PASSING PADA TIM SEPAKBOLA SMAN 3 BUNGO. JURNAL STAMINA, 2(11), 12-20. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/418

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.