EFEKTIFITAS KONSUMSI RUMPUT LAUT TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN PADA IBU MENYUSUI ANEMIA DI PUSKESMAS PARIAMAN

  • Erpita Yanti universitas negeri padang
  • Yessy Aprihatin universitas negeri padang
  • Armaita Armaita universitas negeri padang

Abstract

kematian ibu dan 591.000 kematian perinatal secara global per tahun. Konsekuensi morbiditas terkait anemia kronis dapat mengakibatkan hilangnya produktivitas dari gangguan kapasitas kerja, gangguan kognitif, dan peningkatan kerentanan terhadap infeksi yang juga memberikan suatu beban ekonomi. Rumput laut (Eucheumasp) merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung senyawa yang diperlukan dalam sintesis hemoglobin seperti zat besi.Tujuan untuk mengetahui efektifitas konsumsi rumput laut terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada ibu menyusui anemia di Puskesmas Pariaman Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre Eksperiment dengan pendekatan menggunakan rancangan one group Pretest-Post test design. Penelitiandilakukan tanggal 4 Oktober s/d 10 Oktober tahun 2018.Populasi dari penelitian ini adalah ibu menyusui anemia sebanyak 26 orang. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sampel di dapatkan berdasarkan pertimbangan tertentu dari peneliti  sebanyak 15 orang. Pengolahan data secara Univariat dan Bivariat dengan memakai analisa paired t test secara komputerisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kadar hemoglobin responden mengalami peningkatan setelah dilakukan intervensi. Terdapat  pengaruh pemberian rumput laut terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada ibu menyusui, dengan p value 0,001. Diharapkan pada ibu menyusui untuk rutin mengkonsumsi rumput laut, karena selain mudah didapat dan juga mudah diolah, kandungan-kandungan yang terdapat dalam rumput laut sangat baik untuk ibu menyusui, terutama untuk mencegah anemia selama menyusui.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-19
How to Cite
Yanti, E., Aprihatin, Y., & Armaita, A. (2019). EFEKTIFITAS KONSUMSI RUMPUT LAUT TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN PADA IBU MENYUSUI ANEMIA DI PUSKESMAS PARIAMAN. JURNAL STAMINA, 2(10), 79-88. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/416

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.