KONTRIBUSI AKTIVITAS FISIK HARIAN TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH SMA NEGERI 7 PADANG

  • Rio Fazry universitas negeri padang
  • Pudia M Indika universitas negeri padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Kontribusi aktivitas fisik harian terhadap kebugaran jasmani siswa SMA Negeri 7 Padang.

    Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian korelasional untuk melihat kontribusi aktivitas fisik harian terhadap kebugaran jasmani siwa SMA Negeri 7 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang belajar di SMA Negeri 7 Padang pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 1651 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik “Proportional Stratified Random Sampling”. Jadi, sampel dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 7 Padang yang berjumlah 94 orang. . Instrumen yang digunakan adalah Physical Activity Questionnaire for Adolescents (PAQ-A) dan Tes Kebugaran Jasmani Indonesi umur 16-19 tahun. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 17.

    Hasil dari analisis data diperoleh : terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik harian dengan kebugaran jasmani, dimana rhitung lebih besar dari pada rtabel . atau 0.537 > 0.203 maka Ho ditolak sedangkan Ha diterima sehingga terdapat kontribusi aktivitas fisik harian terhadap kebugaran jasmani sebesar 28,83%. Hasil aktivitas fisik siswa yaitu; 0 siswa (0%) dalam kategori sangat tinggi, 0 siswa (0%) dalam kategori tinggi, 12 siswa (13%) dalam kategori sedang, 61 siswa (65%) dalam kategori rendah, dan 21 siswa (22%) dalam kategori sangat rendah. Hasil kebugaran jasmani siswa yaitu; 0 siswa (0%) dalam kategori baik sekali, 11 siswa (12%) baik, 58 siswa (62%) sedang, 25 siswa (26%) kurang dan 0 siswa (0%) kurang sekali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-25
How to Cite
Fazry, R., & Indika, P. (2019). KONTRIBUSI AKTIVITAS FISIK HARIAN TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH SMA NEGERI 7 PADANG. JURNAL STAMINA, 2(10), 43-53. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/412

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.