PENGARUH PEMBERIAN CAIRAN ELEKTROLIT TERHADAP PULIH ASAL ATLET PERSATUAN BULUTANGKIS SEMEN PADANG

  • Randi Pratama universitas negeri padang
  • Pudia M Indika universitas negeri padang

Abstract

Keseimbangan cairan akibat aktifitas fisik aerobik dengan intensitas yang tinggi sangatlah penting dalam menjaga kondisi tubuh khususnya dalam periode waktu pemulihan denyut nadi. Masalah tersebut kemungkinan terjadi karena kurangnya cairan pada tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pemberian pemberian cairan elektrolit terhadap pulih asal pada atlet bulutangkis Semen Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Atlet bulutangkis Semen Padang yang  aktif latihan 30 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 10 orang. Data dikumpulkan dengan melakukan tes atlet lari 10 putaran hall badminton Semen Padang. Data dianalisis dengan menggunakan Uji t. Hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa pemberian cairan elektrolit memberikan pengaruh yang signifikan terhadap menunda kelelahan dan memperpendek periode pemulihan denyut nadi pada atlet bulutangkis Semen Padang. Berdasarkan hasil analisis data, ditemui thitung = 22,62 > ttabel = 2,26  dengan peningkatan rata-rata adalah 1,78.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-25
How to Cite
Pratama, R., & Indika, P. (2019). PENGARUH PEMBERIAN CAIRAN ELEKTROLIT TERHADAP PULIH ASAL ATLET PERSATUAN BULUTANGKIS SEMEN PADANG. JURNAL STAMINA, 2(10), 33-42. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/411

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.