KEMAMPUAN MOTORIK PESERTA DIDIK KELAS IV-V SDN 1 KARANG DAPO KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA DAN SDN 52 PARUPUK TABING KOTA PADANG DITINJAU DARI SISI GEOGRAFIS
Abstract
Berbedanya lingkungan geografis dari kedua sekolah membuat aktivitas sehari-hari peserta didik mempengaruhi kemampuan motoriknya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mana yang lebih baik antara kemampuan motorik peserta didik kelas IV-V SDN 1 Karang Dapo Kabupaten Musi Rawas Utara dan peserta didik kelas IV-V SDN 52 Parupuk Tabing Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah Analisis Komparatif. Populasi penelitian ini berjumlah 146 dan sampel penelitian berjumlah 72 peserta didik. Instrumen penelitian berbentuk tes diantaranya: Passing bola kedinding,lompat jauh tanpa awalan,lempar bola basket,lari Sprint 4 detik. Dengan alat peneitian berupa: stopwatch,bola basket,bola volly,meteran,pluit,blanko penilaian dan alat tulis.
Perhitungan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik peserta didik kelas IV-V SDN 1 Karang Dapo lebih baik. Dengan hasil uji homogenitas menggunakan Uji-F. yaitu Fo = 1.52 < Ft = 1.78. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji t menggunakan rumus t-test dan hasil thitung = 4,71 sedangkan ttabel=1,67 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 36.Berdasarkan pengambilan keputusan diatas maka thitung ≥ttabel. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis menunjukkan Ha di terima karena thitung ≥ ttabel, dengan hasil perhitungan kedua sampel tersebut menunjukkan bahwa kemampuan motorik peserta didik kelas IV-V SDN 1 Karang Dapo lebih baik dari pada kemampuan motorik peserta didik kelas IV-V SDN 52 Parupuk Tabing.