PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP KEMAMPUAN PASSING PEMAIN SEKOLAH SEPAKBOLA PERSIS SUNGAI SARIAK KABUPATEN PADANG PARIAMAN

  • Deri Andrean universitas negeri padang
  • Anton Komaini universitas negeri padang

Abstract

Masalah penelitian adalah kurangnya kemampuan passing pemain klub Sekolah Sepakbola Persiss Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan small sided games terhadap kemampuan passing pemain klub Sekolah Sepakbola Persiss Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pemain yang aktif berlatih di klub Sekolah Sepakbola Persiss Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman yaitu sebanyak 64 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik purposive sampling, maka sampel penelitian ini berjumlah 20 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes menyepak dan menghentikan bola (passing and stopping) untuk mengukur kemampuan passing. Analisa data dan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis komparasi dengan menggunakan rumus uji beda mean (uji t) dengan taraf signifikan α = 0,05.

Dari analisis data yang dilakukan diperoleh hasil : Terdapat pengaruh latihan small sided games terhadap kemampuan passing pemain klub Sekolah Sepakbola Persiss Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman, dengan perolehan koefisien uji “t” yaitu thitung  = 6,89 > ttabel = 1,729.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-20
How to Cite
Andrean, D., & Komaini, A. (2019). PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP KEMAMPUAN PASSING PEMAIN SEKOLAH SEPAKBOLA PERSIS SUNGAI SARIAK KABUPATEN PADANG PARIAMAN. JURNAL STAMINA, 2(8), 67-81. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/405

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.