KEMAMPUAN MOTORIK SUKU ANAK DALAM DI SDN 191/VII PEMATANG KABAU

  • Andolin Putra universitas negeri padang
  • Gusril Gusril universitas negeri padang
  • Anton Komaini universitas negeri padang
  • Fahmil Haris universitas negeri padang

Abstract

Penelitian ini berawal dari belum diketahuinya kemampuan motorik siswa Suku Anak Dalam di Sekolah  Dasar 191. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan motorik siswa Suku Anak Dalam di Sekolah  Dasar 191 Pematang Kabau Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Suku Anak Dalam di Sekolah  Dasar 191 Pematang Kabau Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun. Penarikan sampel mengunakan teknik  Purposive sampling, yaitu menetapkan hanya siswa Suku Anak Dalam yang ada di kelas IV dan kelas V sebagai sampel, yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes lempar bola basket, lari cepat 4 detik, passing bola voli kedinding, dan lompat jauh tanpa awalan. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dengan bentuk persentase.

Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: kemampuan motorik dari 20 orang siswa, sebanyak 2 orang   siswa kategori baik sekali, 4 orang  siswa kategori baik,  9 orang siswa kategori sedang, 4 orang siswa kategori kurang, 1 orang siswa kategori kurang sekali. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan kemampuan motorik siswa Suku Anak Dalam di Sekolah  Dasar 191 Pematang Kabau Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi masih berada dalam kategori sedang

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-20
How to Cite
Putra, A., Gusril, G., Komaini, A., & Haris, F. (2019). KEMAMPUAN MOTORIK SUKU ANAK DALAM DI SDN 191/VII PEMATANG KABAU. JURNAL STAMINA, 2(8), 47-58. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/403

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.