TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SD NEGERI 31N KOTO PULAI DAN SISWA SD NEGERI 40 PASAR BARU LAKITAN KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

  • Ilham Mahendri universitas negeri padang
  • Gusril Gusril universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahui tingkat kebugaran jasmani siswa/i SD N 31 Koto Pulai di daerah Perbukitan dan siswa/i SD N 40 Pasar Baru Lakitan di daerah Pantai. tujuan peneltian ini adalah untuk mengungkapkan tentang tingkat kebugaran jasmani siswa/i SD N 31 Koto Pulai di daerah Perbukitan dan siswa/i SD N 40 Pasar Baru Lakitan di daerah Pantai.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 11 dan 13 Agustus 2019. Populasi penelitian adalah seluruh siswa/i SD N 31 Koto Pulai di daerah Perbukitan yang berjumlah 103 orang dan siswa/i SD N 40 Pasar Baru Lakitan di daerah Pantai yang berjumlah 117 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, jadi jumlah sampel sebanyak 28 orang siswa/i SD N 31 Koto Pulai di daerah Perbukitan dan 28 orang siswa/i SD N 40 Pasar Baru Lakitan di daerah Pantai. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia yang terdiri dari tes lari 40 meter, tes gantung siku tekuk, tes sit-up, tes loncat tegak, dan tes lari 600 meter. Data dianalisis dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dalam bentuk persentase.

Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut; (1) tingkat kebugaran jasmani siswa/i SD N 31 Koto Pulai di daerah Perbukitan diperoleh nilai rata-rata 17,29 dikategorikan sedang terdapat sebanyak 7 orang (50%) pada siswa, sedangkan pada siswi diperoleh nilai rata-rata 16,07 dikategorikan sedang terdapat sebanyak 6 orang (43%); dan (2) tingkat kebugaran jasmani siswa/i SD N 40 Pasar Baru Lakitan di daerah Pantai diperoleh nilai rata-rata 12,36 dikategorikan kurang terdapat sebanyak 5 orang (36%) pada siswa, sedangkan pada siswi diperoleh nilai rata-rata 15,71 dikategorikan sedang terdapat sebanyak 11 orang (79%).Jadi rata-rata tingkat kebugaran jasmani yang baik terdapat pada siswa SD N 31 Koto pulai di daerah perbuktian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-10
How to Cite
Mahendri, I., & Gusril, G. (2019). TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SD NEGERI 31N KOTO PULAI DAN SISWA SD NEGERI 40 PASAR BARU LAKITAN KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. JURNAL STAMINA, 2(7), 63-75. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/398

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.