PENGARUH LATIHAN METODE DRILL TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING PEMAIN PERSATUAN SEPAKBOLA KOTO KANDIS (PSKD)

  • Edrizen Sepriwanda universitas negeri padang
  • Anton Komaini universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan dribbling pemain PSKD Koto kandis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan metode drill terhadap kemampuan dribbling pada pemain PSKD Koto Kandis kecamatan lengayang kabupaten pesisir selatan.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, penelitian ini dilaksanakan pada Juni sampai Juli 2019 dilapangan PSKD Koto Kandis.Populasi dalam penelitian ini adalah pemain PSKD Koto Kandis Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 22 orang laki-laki. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive samplingyaitu keseluruhan dari kelompok usia 16-18 tahun yang berjumlah 15 orang. Setelah dilakukan tes awal (pre test) seluruh sampel, dilanjutkan dengan diberi perlakuan selama 4 minggu (16 kali pertemuan), dalam 1 minggu dilakukan 4 kali pertemuan, berdasarkan pemberian latihan metode drill dan diakhiri dengan tes akhir (post test). Analisis data dan pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α=0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: terdapat pengaruh pemberian latihan metode drill terhadap kemampuan dribbling dengan t-hitung 5,17> t-tabel 2,14. Dengan demikian pemberian latihan metode drill memberi pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan dribbling.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-25
How to Cite
Sepriwanda, E., & Komaini, A. (2019). PENGARUH LATIHAN METODE DRILL TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING PEMAIN PERSATUAN SEPAKBOLA KOTO KANDIS (PSKD). STAMINA, 2(7), 23-31. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/391

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.