Pengaruh Metode Elementer Terhadap Keterampilan Pukulan Forehand Pemain Tenis Pemula PTL UNP

  • fadhilul alimi Universitas Negeri Padang
  • Apri Agus Universitas Negeri Padang
Keywords: Metode elementer, pukulan forehand, Tenis

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Makin buruknya penguasaan pukulan forehand tenis. Penulis menduga ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan penguasaan pukulan diantaranya metode latihan, motivasi berlatih yang menurun, sarana dan prasarana yang kurang memadai, jumlah pelatih tidak sebanding dengan jumlah atlet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas metode elementer terhadap peningkatan keterampilan pukulan forehand pemain tenis PTL UNP. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian One Group Pre Test –Post Test. Populasi penelitian ini adalahpemain tenis pemula PTL UNP yang berusia dibawah 18 tahun sebanyak 12 orang. Pengambilan sampel menggunakan tekniksampling purposive. Pengumpulan data keterampilan pukulan menggunakan form penilaian yang terdiri dari pelatih sesuai standar Tes Broer Miller Tenis yang dinilai sebelum perlakuan dan setelah perlakuan, latihan dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan. Data diolah dengan uji paired sample t-test terikat dengan α=0,05. Hasil perhitungan ujipaired sample t-testyang diperoleh terkait peningkatan keterampilan pukulan tenis forehandadalah 0,000<0,05yang artinya, metode elementer dapat meningkatkan keterampilan pukulan forehand secara positif pada pemain tenis PTL UNP.

   

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-24
How to Cite
alimi, fadhilul, & Agus, A. (2019). Pengaruh Metode Elementer Terhadap Keterampilan Pukulan Forehand Pemain Tenis Pemula PTL UNP. JURNAL STAMINA, 2(3), 301-310. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/39

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.