Analisis Asupan Gizi Atlet Sepak Takraw Unit Pelaksana Teknis Daerah Kebakatan Olahraga Sumatera Barat

  • Risa Novita Sari universitas negeri padang
  • Pudia M Indika universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah meningkatnya jumlah penderita hipertensi pada lanjut usia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh senam lanjut usia terhadap tekanan darah pada lanjut usia hipertensi di Klinik Anisa Medical Center Padang. 

Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah lanjut usia yang menderita hipertensi di klinik Anisa Medical Center Padang  yang berjumlah ± 60 orang. Pengambilan data sampel di ambil dengan teknik purposisve sampling sebanyak 16 orang, Instrumen  yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sphygmomanometer untuk mengetahui tekanan darah lanjut usia.

Data yang telah terkumpul digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan analisis uji-t. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis uji-t, diperoleh thit 33,126 untuk ttab pada taraf signifikan α = 0,05 yaitu 2,131. Dalam hal ini terdapat pengaruh yang berarti antara senam lanjut usia terhadap tekanan darah pada Lanjut Usia Hipertensi di Klinik Anisa Medical Center Padang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-09
How to Cite
Sari, R., & Indika, P. (2019). Analisis Asupan Gizi Atlet Sepak Takraw Unit Pelaksana Teknis Daerah Kebakatan Olahraga Sumatera Barat. JURNAL STAMINA, 2(9), 282-288. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/379

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.