TINJAUAN KAPASITAS VITAL PARU BERDASARKAN GAMBARAN ANTROPOMETRI INDIVIDU TERLATIH DAN TIDAK TERLATIH

  • Rahmat Rizky universitas negeri padang
  • Pudia M Indika universitas negeri padang

Abstract

Kurangnya aktivitas olahraga seseorang yang terlatih dan tidak terlatih akan menyebabkan rendahnya kapasitas vital paru dan kurangnya adaptasi tubuh terhadap olahraga sehingga cepat mengalami kelelahan pada saat melakukan olahraga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kapasitas vital paru dan antropometri.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Populasi dari club futsal satelite 18 orang dan dari jurusan biologi 500 orang. Teknik pengampilan sampel adalah purposive sampling. Jumlah sampel 10 orang. Subjek penelitian ini adalah 5 orang dari club futsal satelite dan 5 orang dari jurusan biologi. Instrument penelitian ini adalah spirometer, timbangan, mengukur tinggi badan. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t, Sebelum uji t dilakukan terlebih dahulu uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.

Hasil dari penelitian, terdapat kapasitas vital paru antara club futsal satelite dan jurusan biologi dengan rata-rata 4180 ml dan 3124 ml. terdapat perbedaan nilai kapasitas vital paru sebesar Thitung 2,93 sedangkan Ttabel sebesar 2,132 dengan taraf signifikan a = 0,05 n = 5-1. Berdasarkan hasil uji-t maka  Thitung> Ttabel (2,93 > 2,132). Dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kapasitas vital paru antara club futsal satelite dan jurusan biologi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-09
How to Cite
Rizky, R., & Indika, P. (2019). TINJAUAN KAPASITAS VITAL PARU BERDASARKAN GAMBARAN ANTROPOMETRI INDIVIDU TERLATIH DAN TIDAK TERLATIH. JURNAL STAMINA, 2(9), 263-269. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/376

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.