PENGARUH LATIHAN SINGLE LEG LONG JUMP TERHADAP DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI PESILAT MAN 3 AGAM

  • Khairil Abrar universitas negeri padang
  • Fahd Mukhtarsyaf universitas negeri padang

Abstract

Permasalahan dalam peneitian ini adalah rendahnya kemampuan daya ledak otot tungkai pesilat MAN 3 Agam. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh latihan Single Leg Long Jump terhadap daya ledak Otot Tungkai Pesilat MAN 3 Agam. Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah Pesilat MAN 3 Agam berjumlah 25 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik “Purposive Sampling”, Instrumen dalam penelitian ini untuk menentukan daya ledak otot tungkai menggunakan standing board jump. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian ini menunjukan : terdapat pengaruh yang signifikan antara latihan Single Leg Long Jump terhadap daya ledak otot tungkai pesilat MAN 3 Agam dengan perolehan Thitung(15,88)  > ttabel (2,26).Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada pesilat yang mengikuti kegiatan latihan yang ingin meningkatkan daya ledak otot tungkai agar dapat menggunakan latihan Single Leg Long Jump dengan persentase 6,69%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-09
How to Cite
Abrar, K., & Mukhtarsyaf, F. (2019). PENGARUH LATIHAN SINGLE LEG LONG JUMP TERHADAP DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI PESILAT MAN 3 AGAM. JURNAL STAMINA, 2(9), 255-262. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/375

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.