Pengaruh Pemberian Jus Semangka Terhadap Kecepatan Penurunan Denyut Nadi Pemulihan Atlet Sepak Bola PSTS Tabing Kota Padang

  • Nuraini Risma universitas negeri padang
  • Anton Komaini universitas negeri padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jus semangka terhadap kecepatan penurunan denyut nadi pemulihan atlet sepakbola PSTS Tabing kota Padang. Pengambilan data ini dilakukan dilapangan sepak bola PSTS Tabing di Tabing. Penelitian ini menggunakan metode eksperimensemu, dengan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan jumlah sampel 16 orang Atlet sepak bola putra kelas junior PSTS Tabing.

Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis Uji-t pada taraf signifikansi α = 5%. Dari hasil penelitian menyimpulkan tes awal dan tes akhir pada kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung 2,27 dan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel (1,94) yang berarti thitung> ttabel pada kelompok eksperimen, maka H0 ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian jus semangka terhadap penurunan denyut nadi pemulihan atlet sepak bola PSTS Tabing Kota Padang. Sedangkan untuk kelompok kontrol diperoleh nilai thitung 0,23 dan dengan taraf signifikansi 5% di peroleh nilai ttabel (1,94) yang berarti thitung < ttabel, maka H0 diterima dan H1 ditolak, berarti tidak dapat pengaruh yang signifikan dari pemberian air mineral/tawar terhadap penurunan denyut nadi pemulihan atlet sepak bola PSTS Tabing Kota Padang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-09
How to Cite
Risma, N., & Komaini, A. (2019). Pengaruh Pemberian Jus Semangka Terhadap Kecepatan Penurunan Denyut Nadi Pemulihan Atlet Sepak Bola PSTS Tabing Kota Padang. JURNAL STAMINA, 2(9), 245-254. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/373

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.