Pengaruh Interval Training Terhadap Kemampuan VO2 Max Pemain Sepakbola SMA N 3 Kota Solok

  • Juli Rahmat Ade Putra universitas negeri padang
  • Windo Wiria Dinata universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan daya tahan (VO2 Max) pemain sepakbola SMA N 3 Kota Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan interval training terhadap kemampuan VO2 max pemain sepakbola SMA N 3 Kota Solok

Jenis penelitian penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Exsperimen). Penelitian ini dilaksanakan di lapangan Merdeka Kota Solok, pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni s.d Juli 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pemain sepakbola sma n 3 kota solok yang berjumlah 20 orang pemain. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 20 orang atlet. Instrument dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Yo-yo Recovery Test. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab terdahulu dapat dikemukakan kesimpulan sebagai berikut: latihan interval training memberikan pengaruh yang signifikan (meningkat) terhadap kemampuan VO2MAKS thitung = 5,84 sedangkan ttabel sebesar 1,72 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 19, maka thitung> ttabel (5,84  >1,72).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-09
How to Cite
Putra, J. R., & Dinata, W. (2019). Pengaruh Interval Training Terhadap Kemampuan VO2 Max Pemain Sepakbola SMA N 3 Kota Solok. JURNAL STAMINA, 2(9), 220-229. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/370

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.