ANALISIS ASUPAN GIZI ATLET PENCAK SILAT PERGURUAN PATBANBU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

  • yose fakhri universitas negeri padang
  • Pudia M Indika universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah para atlet pencak silat perguruan PATBANBU Kecamatan Lareh Sago Halaban tidak memiliki pembinaan maupun pengetahuan dalam hal asupan gizi makanan dalam latihan untuk menyeimbangi maupun mengganti energi yang meraka keluarkan saat melakukan latihan, karena energi yang di butuhkan atlet berbeda dengan non atlet, dan juga untuk meningkatakan kondisi fisik para atlet pencak silat, pelatih juga tidak memperhatikan asupan makanan yang memiliki gizi cukup untuk di konsumsi atlet, atlet juga sembarangan dalam mengonsumsi makanan, sehingga bisa berdampak pada penurunan prestasi atlet. Tujuan Penelitian ini adalah unuk mengetahui asupan gizi yang dikonsumsi atlet dalam kehidupan sehari hari dan membandingkannya dengan kebutuhan asupan gizi sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua atlet pencak silat perguruan patbanbu yang berjumlah 15 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Jadi jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang atlet. Instrumen penelitian ini adalah dengan menggunakan tabel food recall dan food record selama 3 kali 24 jam. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik deskriptif presetatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata asupan gizi atlet pencak silat perguruan PATBANBU Kabupaten Lima Puluh Kota berada dalam kategori kurang, dimana pada sub indikator asupan karbohidrat rata-rata berada dalam kategori kurang, sub indikator protein rata-rata berada dalam kategori kurang, sub indikator kalori rata-rata berada dalam kategori kurang dan terakhir pada sub indikator lemak rata-rata berada dalam kategori berlebih.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-09
How to Cite
fakhri, yose, & Indika, P. (2019). ANALISIS ASUPAN GIZI ATLET PENCAK SILAT PERGURUAN PATBANBU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. JURNAL STAMINA, 2(9), 186-195. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/366

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.