PENGARUH LATIHAN SQUAT BARBELL TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI ATLET GULAT KAB. DAIRI

  • Vusvita Sari Ginting universitas negeri padang
  • Apri Agus universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitumasih rendah nya kekuatan otot tungkai atlet gulatTigalingga. Variabel dalam penelitian ini latihan squat barbell dan kekuatan otot tungkai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan squat barbell terhadap peningkatan kekuatan otot tungkai atlet gulat Tigalingga.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhatlet gulat Tigalingga sebanyak 23 orang.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu atlet gulat putra Tigalingga sebanyak 10 orang. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan tes leq-dynamometer.Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa latihan squat barbell memberikan pengaruh yang berarti terhadap kekuatan otot tungkai. Dimana rata-rata pre test kekuatan otot tungkai sebesar 56,32 kg sedangkan post testnya meningkat menjadi 62,35 kg. Kemudian diperoleh uji beda mean (uji t) sebesar thitung 4,180sedangkan ttabel sebesar 2,262 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 10, maka thitung  >ttabel(4,180> 2,262), maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari bentuk latihan squat barbell terhadap kekuatan otot tungkai pada atlet gulat Tigalingga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-09
How to Cite
Ginting, V., & Agus, A. (2019). PENGARUH LATIHAN SQUAT BARBELL TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI ATLET GULAT KAB. DAIRI. JURNAL STAMINA, 2(9), 164-170. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/363

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.