HUBUNGAN AKTIVITAS BERMAIN DAN STATUS GIZI DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 29 GUNUNG SARIK KOTA PADANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas bermain dan status gizi dengan kemampuan motorik siswa Sekolah Dasar Negeri 29 Gunung Sarik Kota Padang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V yang berjumlah 166 orang. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa laki-laki. Data aktivitas bermain diperoleh melalui angket yang telah di uji Validitas dan Reliabilitasnya, status gizi menggunakan Anthropometri usia 6-17 Tahun dan kemampuan motorik menggunakan tes kemampuan motorik. Data di analisis dengan rumus korelasi product moment dan dilanjutkan dengan korelasi ganda pada α = 0,05. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa, (1) terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas bermain dengan kemampuan motorik sebesar 39,37%, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan kemampuan motorik sebesar 30,41%, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas bermain dan status gizi secara bersama-sama dengan kemampuan motorik sebesar 56,35%.