PENGARUH METODE DRILLS UNDER SIMPLIFIED CONDITIONS TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS ATAS BOLAVOLI KLUB GESIMPO PASAMAN BARAT

  • Sri Devi universitas negeri padang
  • muhamad sazeli rifki universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan servis atlet voli wanita di Klub Gesimpo Pasaman Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Drill Under Simplified Conditions dalam meningkatkan kemampuan servis bagi atlet bola voli wanita di Klub Gesimpo Pasaman Barat.

Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet bola voli dari Gesimpo Pasaman Barat yang berjumlah 22 atlet pria dan wanita. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 12 atlet wanita. Untuk mendapatkan data, pengukuran servis dilakukan dengan menggunakan target servis. Data dianalisis menggunakan analisis uji rata-rata yang berbeda (uji t).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada pengaruh yang signifikan pada model latihan Drills Under Simplified Conditions dalam meningkatkan kemampuan servis atlet voli wanita di Klub Gesimpo Pasaman Barat. Peningkatan kemampuan servis ini adalah 5,42, yaitu dari skor rata-rata tes awal (Pre test) 14,17 dan tes akhir (Post test) menjadi 19,58, dan untuk uji hipotesis thit 9,01 diperoleh dari ttab 1,79.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-09
How to Cite
Devi, S., & rifki, muhamad. (2019). PENGARUH METODE DRILLS UNDER SIMPLIFIED CONDITIONS TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS ATAS BOLAVOLI KLUB GESIMPO PASAMAN BARAT. JURNAL STAMINA, 2(9), 87-92. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/355

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.