Tinjauan Potensi Olahraga Rekreasi Objek Wisata Danau Gegas di Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi-Rawas

  • arif setiana universitas negeri padang

Abstract

Olahraga rekreasi pada saat ini sudah berkembang pesat dan dapat meningkatkan citra pariwisata disuatu daerah, terlebih suatu daerah yang memiliki potensi alam. Penelitian ini bertujuan untuk melihat potensi alam objek wisata danau gegas di Kecamatan sukakarya Kabupaten Musi-rawas untuk olahraga rekreasi. Sehingga dapat diketahui olahraga rekreasi apa saja yang berpotensi dikembangkan di objek wisata danau gegas.

Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif, penelitian ini terbatas pada usaha mengungkapkan suatu keadaan atau peristiwa sebagaimana adanya sehingga bersifat sekedar mengungkapkan fakta dan memberikan gambaran secara objektif. Informan dalam penelitian ini adalah pihak Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Musi-rawas, pengelolah objek wisata danau gegas, wisatawan/pengunjung, serta masyarakat sekitar danau gegas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: Objek wisata danau gegas menjadi salah satu destinasi wisata alam unggulan di Kabupaten Musi-rawas, melihat potensi alam danau gegas ini dimungkinkan adanya potensi olahraga air seperti olahraga dayung, kano, dan sport fishing, keberadaan danau gegas ini cukup mendukung sebagai penunjang untuk kegiatan olahraga di air tersebut. Sehingga danau gegas dapat dijadikan media tempat untuk mencari /mengembangkan potensi olahraga air maupun pengembangan outbound di Kabupaten Musi-rawas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-09
How to Cite
setiana, arif. (2019). Tinjauan Potensi Olahraga Rekreasi Objek Wisata Danau Gegas di Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi-Rawas. JURNAL STAMINA, 2(9), 43-51. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/349

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.