Pengaruh Latihan Depth Jump and Side Step Terhadap Peningkatan Daya Ledak Otot Tungkai Pada Atlet Bolavoli Putri Universitas Negeri Padang

  • ariadi tri satmoko universitas negeri padang
  • bafirman bafirman universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan daya ledak otot tungkai yang dimiliki atlet bolavoli putri Universitas Negeri Padang, karena pada saat melakukan smash, semakin lama lompatan atlet semakin rendah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan depth jump and side step terhadap peningkatan daya ledak otot tungkai pada atlet bolavoli putri Universitas Negeri Padang.

 Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 25 Maret dan 30 April 2019.Populasi penelitian adalah seluruh atlet bolavoli putri Universitas Negeri Padang yang berjumlah 15 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, jumlah sampel 15 orang. Rancangan Penelitian ini adalah One Group Pre Test Post Test Design. Instrumen yang digunakan untuk mengukur daya ledak otot tungkai adalah vertical jump test. Dengan menggunakan Rumus Nomogram Lewis.Data di analisis dengan menggunakan uji t (t-test).

Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan depth jump and side step terhadap peningkatan daya ledak otot tungkai atlet bolavoli putri Universitas Negeri Padang dimana   t hitung > t tabel  (2,61 >1,76).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-09
How to Cite
satmoko, ariadi, & bafirman, bafirman. (2019). Pengaruh Latihan Depth Jump and Side Step Terhadap Peningkatan Daya Ledak Otot Tungkai Pada Atlet Bolavoli Putri Universitas Negeri Padang. JURNAL STAMINA, 2(9), 29-36. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/347

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.