PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MASYARAKAT TERHADAP SENAM AEROBIK UNTUK PENDERiTA HYPERTENSI DAN PENGELOLAAN SANGGAR SENAM DI KENAGARIAN MAEK

  • anggun permata sari universitas negeri padang
Keywords: senam aerobik, manajemen sanggar senam

Abstract

Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang meningkatkan kebugaran jasmani yang memiliki daya jual yang tinggi bagi masyarakat, sekaligus memberikankegembiraan melalui aktivitas fisik. Aspek pengelolaan yang perlu dikembangkan pada sanggar di Kenagarian Maek adalah instruktur senam aerobik, sarana dan prasarana serta pemberian senam terprogram dengan baik terutama untuk penderita hypertensi. Oleh karena itu, setiap instruktur dituntut untuk memahami tahapan-tahap latihan dari aspek-aspek latihan tersebut sehingga mengetahui kapan dan berapa besar porsi latihan. Berdasarkan pengamatan dilapangan  terdapat permasalahan mitra  : 1) Minimnya Sumber Daya Manusia yang professional di bidang instruktur,  2) senam yang dilakukan belum memiliki instruktur senam yang rutin dan berkelanjutan, artinya tidak ada kelanjutan secara teratur dari program latihan yang diberikan instruktur dalam menurunkan tekanan darah, 3) Belum ada sanggar senam aerobik di Kenagarian Maek, 4)  kurangnya sarana dan prasarana dalam pelaksanaan senam.Untuk mengatasi permasalahn mitra kelompok senam Kenagarian Maek maka diberikan solusi yaitu sebagai berikut : 1) Melakukan pelatihan instruktur senam aerobik low impact, 2) melakukan pelatihan instruktur senam yang mencakup intensitas latihan, frekuensi latihan, durasi latihan, dan repitisi/pengulangan, 3) mengadakan pelatihan tentang manajemen pembuatan sanggar serta cara mengambangkan sanggar agar masyarakat tertarik untuk melakukan olahraga aerobik dan atau menjadi instruktur, 4) memberikan bantuan peralatan senam seperti tape, speaker, CD senam aerobik low impact.

Hasil kegiatan ini menyimpulkan 1) Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman tentang instruktur senam aerobik, 2) meningkatnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap senam aerobik dalam menurunkan tekanan darah penderita hypertensi, 3) Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman tentang manajemen pengelolan senam aerobik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-09
How to Cite
sari, anggun. (2019). PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MASYARAKAT TERHADAP SENAM AEROBIK UNTUK PENDERiTA HYPERTENSI DAN PENGELOLAAN SANGGAR SENAM DI KENAGARIAN MAEK. JURNAL STAMINA, 2(12), 42-50. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/337

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.