PELATIHAN BANTUAN HIDUP DASAR (BHD) BAGI PETUGAS WAHANA HIBURAN MEGA MENDUNG NAGARI SINGGALANG

  • Vauzia Vauzia universitas negeri padang
  • elsa yuniarti universitas negeri padang
  • Des M universitas negeri padang
Keywords: BHD, Mega Mendung, petugas wahana

Abstract

Wahana hiburan di Mega Mendung di Nagari Singgalang merupakan objek wisata di Sumatera Barat  yang paling dikunjungi oleh wisatawan terutama pada musim libur. Wahana yang berupa pemandian termasuk water sport beresiko untuk terpeleset dan tenggelam.Banyaknya kasus tenggelam akan beresiko terjadi henti nafas dan henti jantung sehingga tidak terselamatkan nyawa salah satu penyebabnya adalah ketidakmampuan petugas di wahana Mega Mendung dalam keterampilan melakukan tindakan Banduan Hidup Dasar (BHD). Tim pengabdian jurusan biologi FMIPA UNP bekerjasama dengan berbagai mitra Wali Nagari Singgalang dan narasumber serta instruktur dari Perhimpunan Dokter Umum (PDUI) Sumatera Barat dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sumatera Barat telah melaksanakan pengabdian  kepada masyarakat dengan memberikan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) bagi Petugas Wahana Hiburan Mega Mendung Nagari Singgalang.Kegiatan ini  telah dilakukan  wahana hiburan Mega Mendung pada bulan Agustus sampai Oktober 2019. Peserta adalah petugas penjaga dan masyarakat sekitar di wahana hiburan Mega Mendung Nagari Singgalang sebanyak 30 orang.Tahapan kegiatan yang telah dilakukan adalah Seminar tentang pengetahuan pentingnya Keterampilan Bantuan Hidup Dasar (BHD) bagi petugas wahana Mega Mendung diberikan oleh narasumber Perhimpunan Dokter Umum (PDUI) cabang Sumatera Barat, pelatihan keterampilan Bantuan Hidup Dasar BHD yang di bimbing oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) cabang Sumatera Barat dan monitoring dan evaluasi dilakukan dalam jangka waktu 2 bulan setelah seminar dan pelatihan diatas dengan menilaian hasil dari pelatihan keterampilan BHD dan post test untuk mengetahui pemahaman terhadap materi yang telah diberikan. Hasil didapatkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan petugas Wahana Hiburan Mega Mendung Nagari Singgalang setelah diberikan Bantuan Hidup Dasar (BHD). Diharapkan melalui PKM ini, masyarakat dan petugas wahana hiburan pemandian sekitar Mega Mendung terampil dalam memberikan BHD sehingga dapat menurunkan resiko mortalitas akibat kecelakaan pada aktivitas wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-09
How to Cite
Vauzia, V., yuniarti, elsa, & M, D. (2019). PELATIHAN BANTUAN HIDUP DASAR (BHD) BAGI PETUGAS WAHANA HIBURAN MEGA MENDUNG NAGARI SINGGALANG. JURNAL STAMINA, 2(12), 34-41. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/336

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.