KONTRIBUSI STRUKTUR TUBUH DAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMANAH ATLET PANAHAN KOTA PALOPO

  • andi khemal akbar universitas muhammadiyah palopo
  • ahmad ahmad universitas muhammadiyah palopo
Keywords: struktur tubuh, motivasi, kemampuan memanah

Abstract

tubuh terhadap kemampuan memanah atlet Panahan Kota Polopo. Untuk mengetahui apakah ada kontribusi motivasi  terhadap kemampuan memanah atlet Panahan Kota Polopo.Untuk mengetahui apakah ada kontribusi struktur tubuh dan motivasi terhadap kemampuan memanah atlet Panahan Kota Polopo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriftip Korelasional yaitu penelitian yang diarahkan untuk menjelaskan hubungan antara dua variabel yaitu variabel bebas struktur tubuh dan motivasi dengan variabel terikat kemampuan memanah atlet Panahan Kota Palopo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan pengukuran antropometri, tes motivasi dengan angket dan tes kemampuan memanah, populasi dalam penelitian ini adalah atlet kota palopo yang mengikuti seleksi praporda berjumlah 50 orang sedangkan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling purposive menghasilkan 30 atlet panahan yang akan di jadikan sampel.Hasil penelitian ini menunjukkan ada kontribusi struktur tubuh terhadap kemampuan memanah atlet panahan kota palopo sebesar 70.40 %. Artinya kemampuan memanah atlet panahan kota palopo dijelaskan oleh struktur tubuh sebesar 36.90 % dan 29.60% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Ada kontribusi motivasi terhadap kemampuan memanah atlet panahan kota palopo sebesar 42.70 %. Artinya kemampuan memanah atlet panahan kota palopo dijelaskan oleh motivasi sebesar 42.70 % dan 57.30% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Ada kontribusi struktur tubuh dan motivasi terhadap kemampuan memanah atlet panahan kota palopo sebesar 53.10 %. Artinya kemampuan memanah atlet panahan kota palopo secara bersama-sama dijelaskan oleh struktur tubuh dan motivasi sebesar 53.10 % dan 46.90% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-09
How to Cite
akbar, andi, & ahmad, ahmad. (2019). KONTRIBUSI STRUKTUR TUBUH DAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMANAH ATLET PANAHAN KOTA PALOPO. JURNAL STAMINA, 2(12), 20-33. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/334

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.