PELATIHAN MASASE KEBUGARAN DAN MASASE BAYI BAGI IBU-IBU DAN PEMUDI DI KENAGARIAN SUNGAI NYALO

  • liza liza universitas negeri padang
  • Irfan Oktavianus universitas negeri padang
Keywords: massage kebugaran, pijat bayi

Abstract

Kenagarian Sungai Nyalo merupakan Kenagarian yang memiliki pesona alam yang indah yang berada di kawasan pesisir pantai, kawasan pesisir pantai ini mempunyai pantai dan bukit yang menjadi andalan. Kenagarian Sungai Nyalo mempunyai keindahan pariwisata, ini merupakan potensi yang bisa dijual serta memiliki nilai tinggi yang bisa jadi daya tarik buat pengunjung yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat serta membuat pengunjung menikmati pesona alam yang ditawarkan oleh Kanagarian Sungai Nyalo. Masalah yang dihadapi oleh mitra adalah rendahnya tingkat pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu dan pemudi dalam bidang masase kebugaran dan baby massage (pijat bayi). Ibu-ibu di Kenagarian Sungai Nyalo sebahagian besar hanya sebagai ibu rumah tangga, cenderung tidak produktif, padahal Kenagarian Sungai Nyalo mempunyai potensi yang sangat besar dalam hal potensi pariwisata yang dapat dijadikan sebagai lahan untuk tambahan pengahasilan bagi ibu-ibu dan pemudi tersebut. Adapun permasalahan mitra antara lain: 1) Rendahnya pengetahuan Ibu-ibu dan Pemudi tentang ilmu massase kebugaran dan baby massage (pijat bayi), 2) Rendahnya keterampilan Ibu-ibu dan pemudi Kenagarian Sungai Nyalo dalam massase kebugaran dan baby massage (pijat bayi), 3) Kurangnya pengetahuan dan pengalaman Ibu-ibu dan Pemudi Kenagarian Sungai Nyalo dalam mengelola dan menjalankan sebuah klinik massase kebugaran dan baby massage (pijat bayi) untuk mendukung pengembangan kepariwisataan di Kenagarian Sungai Nyalo. Khalayak sasaran dari kegiatan ini adalah para Ibu-ibu dan Pemudi Kenagarian Sungai Nyalo sebanyak 30 orang. Model pembinaan  melalui Kegiatan pelatihan  dalam bidang keahlian  Untuk mengatasi permasalahan yang ada pada Ibu-ibu dan Pemudi tersebut maka diberikan solusi yaitu sebagai berikut: 1) Dibuatnya workshop dan pelatihan yang dengan materi massase kebugaran dan baby massage (pijat bayi), 2) Dibuat kegiatan workshop manajemen pengelolaan klinik massase kebugaran dan baby massage (pijat bayi). Tujuan kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan para Ibu-ibu dan Pemudi Kenagarian Sungai Nyalo di bidang massase kebugaran dan baby massage (pijat bayi), meningkatnya pengetahuan dan pengalaman para Ibu-ibu dan Pemudi Kenagarian Sungai Nyalo dalam mengelola manajemen klinik massase kebugaran dan baby massage (pijat bayi). Hasil kegiatan menyimpulkan 1) Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan para Ibu-ibu dan Pemudi Kenagarian Sungai Nyalo di bidang masase kebugaran, 2) Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan Ibu-ibu dan Pemudi Kenagarian Sungai Nyalo di bidang masase masase bayi, 3) Meningkatnya pengetahuan dan pengalaman Ibu-ibu dan Pemudi Kenagarian Sungai Nyalo dalam mengelola manajemen klinik masase kebugaran dan baby massage (Pijat bayi).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-09
How to Cite
liza, liza, & Oktavianus, I. (2019). PELATIHAN MASASE KEBUGARAN DAN MASASE BAYI BAGI IBU-IBU DAN PEMUDI DI KENAGARIAN SUNGAI NYALO. JURNAL STAMINA, 2(12), 1-11. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/332

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.