Tingkat Kecemasan Atlet Roadrace Padang Pariaman Sebelum Melaksanakan Pertandingan

  • roni kurniawan Universitas Negeri Padang
  • Anton Komaini Universitas Negeri Padang
Keywords: Roadrace, Kecemasan, Pertandingan

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah dari hasil observasi yang telah peneliti lakukan peneliti menemukan bahwa sebelum mengikuti pertandingan roadrace beberapa orang atlet mengalami peningkatan tingkat kecemasan. Hal ini jika dibiarkan begitu saja tanpa adanya penangan lanjut, dikhawatirkan dapat mempengaruhi prestasi atlet tersebut. Penelitian ini tujuanya adalah untuk melihat bagaimanakah tingkat kecemasan yang dimiliki oleh atlet-atlet tersebut.

Jenis penelitin ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet roadrace Padang Pariaman yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan total sampling sampling yaitu dengan mengambil semua populasi menjadi sampel dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis deksriptif.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa tingkat kecemasan yang dialami oleh atlet roadrace Padang Pariman terbilang kecil, karena setelah dilakukan penghitungan didapatkan bahwa hanya secara keseluruhan tingkat kecemasan yang dimiliki berada pada klasifikasi “Cemas” dengan angka 66,29%. Kemudian dibagi kedalam 5 indikator: 1) Indikator suasana hati tingkat didapatkan angka 66,68% yang mana termasuk klasifikasi “Cemas”, 2) Indikator pikiran tingkat didapatkan angka 81,90% yang mana termasuk klasifikasi “Sangat Cemas”, 3) Indikator motivasi tingkat didapatkan angka 62,75% yang mana termasuk klasifikasi “Cemas”, 4) Indikator perilaku gelisah tingkat didapatkan angka 67,70% yang mana termasuk klasifikasi “Cemas”, 5) Indikator faktor biologis tingkat didapatkan angka 65,43% yang mana termasuk klasifikasi “Cemas”.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-23
How to Cite
kurniawan, roni, & Komaini, A. (2019). Tingkat Kecemasan Atlet Roadrace Padang Pariaman Sebelum Melaksanakan Pertandingan. JURNAL STAMINA, 2(3), 80-89. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/22

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.