EVALUASI PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA BOLA BASKET PADA PERBASI DI KABUPATEN BATANGHARI

  • hifzil kurniawan Universitas Negeri Padang
  • Fahd Mukhtarsyaf Universitas Negeri Padang
Keywords: Evaluasi, Pembinaan, Perbasi, Bolabasket

Abstract

Abstrak: Dalam penelitian ini, di latar belakangi oleh bagaimana pentingnya pembinaan prestasi olahraga bagi perkembangan prestasi suatu daerah. Fokus dari penelitian ini adalah pembinaan prestasi olahraga bola basket pada Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) di Kabupaten Batnghari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi penelitian yaitu pengurus, pelatih dan atlet yang berjumlah 34 orang. Sampel dalam penelitian ini teknik yang digunakan adalah porposive sampling yang di artikan penelitian menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian. Analisis data dengan analisi data kualitatif dan kuantitatif dengan bantuan statistik. Berdasarkan hasil analisis data yang telah didapatkan, pembinaan prestasi olahraga bola basket pada PERBASI Kabupaten Batanghari memiliki berbagai indikator yaitu, variabel atlet sebagian besar pada kategori  baik karena memperoleh nilai rata-rata indeks sebesar 3,81, variabel pelatih sebagian besar pada kategori baik karena memperoleh nilai rata-rata indeks sebesar 3,89, variabel sarana dan prasarana sebagian besar pada kategori sangat baik karena memperoleh nilai rata-rata indeks sebesar 3.87, variabel pendanaan sebagian besar pada kategori baik karena memperoleh nilai rata-rata indeks sebesar 3.76, variabel manajemen sebagian bsesar pada kategori baik karena memperoleh nilai rata-rata indeks 3.87, dan berdasarkan variabel organisasi sebagian besar pada kategori sangat baik karena memperoleh nilai rata-rata indeks 2.97. Dengan demikian, pembinaan prestasi olahraga bola basket pada PERBASI Kabupaten Batanghari berkategori baik karena memperoleh nilai rata-rata indeks 3.69.

Kata kunci : Penelitian Evaluasi, Pembinaan Prestasi, Bola Basket, PERBASI

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-23
How to Cite
kurniawan, hifzil, & Mukhtarsyaf, F. (2019). EVALUASI PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA BOLA BASKET PADA PERBASI DI KABUPATEN BATANGHARI. JURNAL STAMINA, 2(3), 9-15. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/21

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.