TINJAUAN KONDISI FISIK PADA ATLET SEPAK BOLA BATANG UMPAI FC KECAMATAN PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT

  • Nurman Efendi Jurusan Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Padang
  • Fahd Mukhtarsyaf Universitas Negeri Padang
Keywords: Kondisi Fisik, Pemain, Sepak Bola

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu dimana pemain sering mengalami kelelahan dalam bertanding, dan sering tidak siap melakukan serangan balik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan kondisi fisik pemain Sepakbola Batang Umpai Fc Pasaman Barat.

Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh pemain sepakbola Batang Umpai Fc Pasaman Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel dalam penelitian adalah pemain umur 16 sampai 19 tahun yang berjumlah 20 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kondisi fisik yaitu menggunakan tes daya tahan aerobic (VO2Max) yang diukur dengan menggunakan Yoyo intermittent recovery test dan Bleep Test. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase.

Berdasarkan dari hasil penelitian dengan menggunakan Yoyo intermittent recovery test ditemukan bahwa, Daya tahan aerobic pemain sepakbola Batang Umpai Fc Pasaman Barat termasuk dalam kategori kurang sekali dan hasil penelitian daya tahan aerobic pemain sepakbola Batang Umpai Fc dengan menggunakan Bleep Test termasuk dalam kategori kurang sekali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-27
How to Cite
Efendi, N., & Mukhtarsyaf, F. (2019). TINJAUAN KONDISI FISIK PADA ATLET SEPAK BOLA BATANG UMPAI FC KECAMATAN PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT. JURNAL STAMINA, 2(6), 50-55. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/166

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.