MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI PAUD SE-NAGARI MINANGKABAU KECAMATAN SUNGAYANG

  • yosmi ratu laras universitas negeri padang
  • Arif Fadhli Muchlis Universitas Negeri Padang
Keywords: Motorik Kasar, Anak, Usia Dini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui dan mengungkap Motorik Kasar Anak Usia Dini pada Anak Laki-Laki di Paud Se-Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang, untuk mengetahui dan mengungkap Motorik Kasar Anak Usia Dini pada Anak Perempuan di Paud Se-Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang, untuk mengetahui dan mengungkap Motorik Kasar Anak Usia Dini di Paud Se-Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 60 orang , yang terdiri dari 3 Paud yang ada pada tiap-tiap jorong di Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang, dengan metode total sampling. Penilaian kemampuan motorik ini dilakukan dengn menggunakan tes kemampuan motorik dengan melihat dari norma tes penilaian kemampuan motorik. Hasil analisis data  menyatakan bahwa anak yang mengikuti tes kemampuan motorik kasar di paud se-Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang sebanyak 14 orang (38,88%) anak memiliki kemampuan motorik kasar kriteria berkembang sangat baik (BSB), 18 orang (50%) anak memiliki kemampuan motorik kasar kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), 4 orang (11,11%) anak memiliki kemampuan motorik kasar kriteria mulai berkembang (MB) dan tidak ada anak memiliki kemampuan motorik kasar kriteria belum berkembang (BB), ternyata banyak anak yang memiliki hasil tes motorik kasar kriteria berkembang sesuai harapan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-27
How to Cite
laras, yosmi, & Muchlis, A. (2019). MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI PAUD SE-NAGARI MINANGKABAU KECAMATAN SUNGAYANG. JURNAL STAMINA, 2(6), 167-176. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/165

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.