PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN OBJEK WISATA LAWANG PARK MENUJU KONSEP “ADVENTURE AND SPORT TOURISM PARK"

  • Hendri Neldi fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri padang
  • Andri Gemaini fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri padang
Keywords: lawang park, adventure, sport tourism

Abstract

Sumatera Barat masuk dalam kategori destinasi dan kuliner halal terbaik di World Halal Tourism Award 2016. Sehingga Sumatera Barat makin gencar mempromosikan obyek wisata yang ada sampai dengan sekarang. Salah satu obyek wisata yang cukup populer di Sumatera Barat yaitu Lawang Park yang berada di Kabupaten Agam. Lawang park adventure berlokasi di jalan Raya Lawang Matur, Nagari Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam Sumatera Barat. Daerah yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Bukittinggi, obyek wisata ini berdekatan dengan wisata Puncak Lawang sekitar 1 KM dan selain sebagai Nagari/Desa berpenghasil gula tebu juga sebagai kawasan yang memiliki udara sejuk serta pemandangan yang indah sebagai obyek wisata. Permasalahan mendasar pada kelompok pengelola wisata Lawang Parkadalah sebagai berikut: 1). Pihak Pengelola Lawang Park belum membuat Master Plan mengenai pengembangan objek wisata alam yang berada di sana sehingga pengelolaanya cenderung masih sederhana,2) Minimnya Sumber Daya Manusia yang professional di bidang wisata Olahraga khususnya tenaga instruktur outbound, Low Rope dan  High Rope, pemandu camping dan trecking  3) Promosi dan pemasaran pariwisata Adventure Lawang Park yang belum maksimal. Adapun solusi dan target luaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: 1) workshop dan lokakarya pembuatan master plan Puncak Lawang dengan dengan memadukan unsure berlibur, bermain, belajar atau outbound training, kegiatan adventure, dan wisata olahraga. 2) Pelatihan untuk penyiapan tenaga instruktur outbound, camping dan tracking 5) Pembuatan konsep promosi pariwisata olahraga yang dituangkan dalam sebuah media compact disc (CD). Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: 1) Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman peserta tentang manajemen pengelolaan wisata di Lawang Park. 2) Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam melakukan kepemanduan outbound, camping dan tracking 5) Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam memandu kegiatan panjat tebing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-30
How to Cite
Neldi, H., & Gemaini, A. (2018). PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN OBJEK WISATA LAWANG PARK MENUJU KONSEP “ADVENTURE AND SPORT TOURISM PARK". JURNAL STAMINA, 1(1), 466-473. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/127

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.