Pengaruh Variasi Latihan Permainan Di Air Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Renang Gaya Bebas Siswa Sekolah Menengah Pertama

  • Ineke Hanny Rahmawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ega Trisna Rahayu Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Setio Nugroho Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

This study uses quantitative research methods with a one-group experimental design to explore the impact of water game training on basic freestyle swimming skills in students participating in beginner-level swimming extracurricular activities. Study participants consisted of 14 students who took part in a training program for 8 sessions. Data were collected through basic swimming skills tests and analyzed using normality, homogeneity and T tests. The results of the analysis showed a significant increase between the pretest and posttest scores with a significance level of less than 0.05, and the results of the T table of more than 2.160 confirmed that training Water games are effective in improving freestyle swimming abilities in beginner students at junior high school level

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ega Trisna Rahayu, Universitas Singaperbangsa Karawang

Studi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental one-group untuk mengeksplorasi dampak latihan permainan di air terhadap kemahiran dasar berenang gaya bebas pada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler renang tingkat pemula. Partisipan studi terdiri dari 14 siswa yang mengikuti program pelatihan selama 8 sesi. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan dasar berenang dan dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji T. Hasil analisis menunjukkan peningkatan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05, dan hasil dari T table lebih dari 2,160 menegaskan bahwa latihan permainan di air efektif dalam meningkatkan kemampuan berenang gaya bebas pada siswa pemula di tingkat sekolah menengah pertama.
Kata kunci: Permainan di air, renang gaya bebas

Setio Nugroho, Universitas Singaperbangsa Karawang

Studi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental one-group untuk mengeksplorasi dampak latihan permainan di air terhadap kemahiran dasar berenang gaya bebas pada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler renang tingkat pemula. Partisipan studi terdiri dari 14 siswa yang mengikuti program pelatihan selama 8 sesi. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan dasar berenang dan dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji T. Hasil analisis menunjukkan peningkatan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05, dan hasil dari T table lebih dari 2,160 menegaskan bahwa latihan permainan di air efektif dalam meningkatkan kemampuan berenang gaya bebas pada siswa pemula di tingkat sekolah menengah pertama.

Kata kunci: Permainan di air, renang gaya bebas

 

References

Armen Meiriani, & Rahmadani Fitri, A. (2018). Kualitas Materi Dan Aspek Isi Media Pembelajaran Renang Gaya Bebas Berbasis Macromedia Flash 8 Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Olahraga, Vo 7. No 1, 56–67.

Ayubi Novri, Badri Hanif, & Komaini Anton. (2019). Pengaruh Metode latihan Interval Intensif Terhadap Kecepatan Renang Gaya Dada Perenang Pemula Tirta Kaluang Padang. Jurnal Stamina, Vol 2, no 1, 166–172.

Badruzaman, B., & Saputra, Y. M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Renang Selama Delapan Minggu Terhadap Peningkatan Kemampuan Dasar Renang Gaya Bebas untuk Pemula Mahasiswa Ilmu Keolahragaan. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 5(2), 159–167. https://doi.org/10.17509/jtikor.v5i2.27819

Chan Andesta Yoga, & Effendi. (2020). Pengaruh Latihan Naik Turun Tangga Dan Latihan Push Up Terhadap Kecepatan Renang 50 Meter Gaya Dada. Jurnal Stamina , Vol 3 NO 6, 324–333.

Farizal Imansyah, & Akbar Tanjung. (2020). Analisis Kecepatan Renang Gaya Bebas Pada Atlet Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (Sons). Penjaskesrek Journal, 7(1), 189–203. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v7i1.1017

Hidayat, T. A. S. (2019). Model Pembelajaran Keterampilan Renang Gaya Bebas (Trias) Untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 10(1), 58–67. https://doi.org/10.21009/GJIK.101.06

Ikhwan Muhammad, Indika M. Pudia, & Fajri Pery. (2021). Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Power Otot Tungkai Terhadap Renang Gaya Dada 50 Meter. Jurnal Stamina, Vol 4, No 6, 277–285.

Julio Deka, & Syampurma Hilmainur. (2022). Tinjauan Kesegaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli SMP Negeri 16 Kerinci. Jurnal MensSana, 7 No 2(2), 201–205.

Nugroho, W. A., Umar, F., & Iwandana, D. T. (2021). Peningkatan Kecepatan Renang 100 Meter Gaya Bebas Melalui Latihan Interval Akuatik pada Atlet Para-renang. Jurnal MensSana, 6(1), 56–65. https://doi.org/10.24036/MensSana.06012021.20

Nur, H. W., M, M., & FIK-UNP, Z. (2018). Tinjauan Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Siswa Putera Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Gulat Di Smp Negeri 30 Padang. Jurnal MensSana, 3(1), 67–76. https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.67

Nur’aeni, E., Rustandi, E., & Arhesa, S. (2023). Pengaruh Latihan Variasi Terhadap Keterampilan Renang Gaya Bebas Pada Atlet Pemula. Jurnal Education , 9, No 1, 367–371.

Pratama Resah, R. (2018). Hubungan Power Otot Tungkai Dengan Hasil Keccepatan Renang 50 Meter Gaya Bebas Mahasiswa Penjaskes FKIP Universitas Sriwijaya. Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan , 7, 150–154.

Putra, I. M., & ANDALA, S. (2020). Meningkatkan Pembelajaran Gerak Dasar Renang Dengan Pendekatan Bermain. Jurnal Muara Olahraga, 2(2), 280–291. https://doi.org/10.52060/jmo.v2i2.313

Siti Nur Hayati, & Putro, K. Z. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas, 4(1), 52–64. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985

Syaleh, M., Lubis, A. E., & Helmi, B. (2019). Kontribusi Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(1), 30–39. https://doi.org/10.55081/jsbg.v7i1.11

Yaslindo, Y., Zarwan, Z., Suwirman, S., & Rasyid, W. (2019). Partisipasi Orang tua Dalam menunjang Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 30 Solok Selatan Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan. Jurnal MensSana, 4(2), 142–147. https://doi.org/10.24036/jm.v4i2.96
Published
2024-09-30
How to Cite
Rahmawati, I., Rahayu, E., & Nugroho, S. (2024). Pengaruh Variasi Latihan Permainan Di Air Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Renang Gaya Bebas Siswa Sekolah Menengah Pertama. STAMINA, 7(3), 121-131. https://doi.org/10.24036/jst.v7i3.1266

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.