PELATIHAN MASASE DAN TERAPI FRIRAGE BAGI MASYARAKAT MENTAWAI

  • Liza Liza fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri padang
  • Sri Gusti Handayani fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri padang
Keywords: massase, terapi frirage

Abstract

Kabupaten Kepulauan Mentawai dikenal luas oleh masyarakat Nusantara dan dunia Internasional. Mentawai memiliki sejuta pesona akan potensi kepariwisataan itu, baik wisata bahari maupun wisata alam, wisata seni, budaya, serta wisata sejarah, sehingga tidak heran jika Mentawai dijuluki sebagai surga dunia. Memajukan Pariwisata Sumbar, jangan sampai melupakan potensi besar pariwisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kebijaksanaan pengembangan generasi muda dilakukan secara terkoordinasi, terarah, integral dan komprehensif. Masalah ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain adalah rendahnya tingkat pengetahuan dan keterampilan para pemuda dalam bidang masase dan frirage. Para pemuda di Desa Maileppet Siberut Selatan Kep. Mentawai banyak yang belum memiliki pekerjaan dan cenderung tidak produktif, padahal Mentawai mempunyai potensi yang sangat besar dalam hal potensi pariwisata. Adapun permasalahan mitra antara lain: 1) Rendahnya pengetahuan Pemuda Desa Maileppet tentang ilmu massase dan Terapi Frirage, 2) Rendahnya keterampilan Pemuda Desa Maileppet dalam melakukan Masase Dan Terapi frirage 3) Kurangnya pengetahuan dan pengalaman Pemuda Desa Maileppet dalam mengelola dan menjalankan sebuah klinik massase dan terapi frirage untuk mendukung pengembangan kepariwisataan di Kab. Mentawai. Khalayak sasaran dari kegiatan ini adalah para pemuda dan masyarakat Desa Maileppet Siberut Selatan Kep. Mentawai sebanyak 30 orang. Model pembinaan  melalui Kegiatan pelatihan  dalam bidang keahlian  Untuk mengatasi permasalahan yang ada pada pemuda tersebut maka diberikan solusi yaitu sebagai berikut: 1) Dibuatnya workshop dan pelatihan yang dengan materi sport massase dan terapi frirage, 2) Dibuat kegiatan workshop manajemen pengelolaan klinik massase dan Terapi frirage. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan para pemuda dan masyarakat Desa Maileppet Siberut Selatan Kep. Mentawai di bidang masase dan terapi frirage, meningkatnya pengetahuan dan pengalaman para pemuda dan masyarakat Desa Maileppet Siberut Selatan Kep. Mentawai dalam mengelola manajemen klinik masase dan terapi frirage. Hasil kegiatan menyimpulkan 1) Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan Pemuda dan masyarakat Desa Maileppet di bidang masase, 2) Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan Pemuda dan masyarakat Desa Maileppet di bidang terapi frirage, 3) Meningkatnya pengetahuan dan pengalaman Pemuda dan masyarakat Desa Maileppet dalam mengelola manajemen klinik masase dan terapi frirage.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-30
How to Cite
Liza, L., & Handayani, S. (2018). PELATIHAN MASASE DAN TERAPI FRIRAGE BAGI MASYARAKAT MENTAWAI. JURNAL STAMINA, 1(1), 458-465. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/126

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.