Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Atlet Bola Voli Pagaruyung Sebelum Pertandingan

  • Hadi Pery Fajri Universitas Negeri Padang
  • Muhamad Sazeli Rifki Universitas Negeri Padang
  • Nuridin Widya Pranoto Universitas Negeri Padang
  • Fair Muda Universitas Negeri Padang
  • Ariando Ariston Universitas Negeri Padang
Keywords: Percaya Diri, Kecemasan, bola voli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat percaya diri dan kecemasan atlet bola voli Pagaruyung sebelum pertandingan pada kejuaran Livoli Divisi I 2022. Metode penelitian yang gunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet Pagaruyung Sumbar yang mengikuti Kejuaraan Livoli Divisi I pada tahun 2022 yang berjumlah 24 orang terdiri dari 12 putra dan 12 putri. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian berupa kuesioner kepercayaan diri dan kecemasan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase (%). Hasil penelitian diketahui tingkat percaya diri pada atlet putra sangat tinggi sebanyak 1 orang, kategori tinggi sebanyak 10 orang, dan sedang sebanyak 1 orang. Tingkat percaya diri pada atlet putri seluruhnya pada kategori tinggi. Tingkat kecemasan pada atlet putra pada kategori tinggi sebanyak 10 orang, dan sedang sebanyak 2 orang. Tingkat kecemasan pada atlet putri pada kategori tinggi sebanyak 5 orang, dan kategori sedang sebanyak 7 orang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-30
How to Cite
Fajri, H., Rifki, M., Pranoto, N., Muda, F., & Ariston, A. (2022). Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Atlet Bola Voli Pagaruyung Sebelum Pertandingan. JURNAL STAMINA, 5(8), 372-380. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/1248

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.