Analisis Pada Tingkat Kebugaran Jasmani (TKJI) petugas Panti Sosial

  • Arif Fadli Muchlis Universitas Negeri Padang
  • Devon Ikbal Universitas Negeri Padang
  • Alimuddin Alimuddin Universitas Negeri Padang
Keywords: Tingkat Kebugaran Jasmani

Abstract

Masalah utama saat melakukan observasi dan wawancara dengan petugas PSTW Sabai Nan Aluih diketahui bahwa rata-rata petugas berusia di atas 30 tahun dan selain itu belum diketahui tingkat kebugaran jasmani petugas PSTW Sabai Nan Aluih. Oleh sebab itu sebaiknya  dilakukan tes kebugaran untuk mengetahui tingkat kebugaran sebagai dasar untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani pada petugas PSTW Sabai Nan Aluih. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan adalah petugas PSTW Sabai Nan Aluih sebanyak 18 petugas. Sampel penelitian adalah seluruh petugas PSTW Sabai Nan Aluih sebanyak 18 petugas yang diambil dengan teknik nonprobability sampling. Instrumen untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani menggunakan Bleep test atau kata lainnya Multistage 20m. Analisis data dengan statistik deskriptif yaitu untuk mengumpulkan data, menyajikan data dan menentukan nilai. Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani petugas PSTW Sabai Nan Aluih dengan rincian tidak ada petugas yang mendapatkan kategori rendah, 7 petugas (39%) dalam kategori sedang, 7 petugas (39%) dalam kategori cukup, 3 petugas (17%) dalam kategori bagus, 1 petugas (5%) dalam kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
How to Cite
Muchlis, A., Ikbal, D., & Alimuddin, A. (2021). Analisis Pada Tingkat Kebugaran Jasmani (TKJI) petugas Panti Sosial. JURNAL STAMINA, 4(12), 566-573. https://doi.org/10.24036/jst.v4i12.1230

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.