Pengembangan Instrumen Keputusan Pembeli Terhadap Produk Olahraga

  • Nuridin Widya Pranoto Universitas Negeri Padang
  • Raihan Alfarobi Universitas Negeri Padang
  • Andri Gemaini Universitas Negeri Padang
Keywords: instrumen, keputusan pembeli

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen tes keputusan pembeli terhadap produk olahraga. Dalam penelitian ini,kami menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian adalah: (1) tahap pertama adalah studi literatur,pengumpulan data, dan analisis kebutuhan,(2) tahap kedua adalah perencanaan pengembangan instrumen, dan (3) tahap ketiga adalah uji coba, evaluasi, dan revisi, dan (4) tahap keempat adalah implementasi instrumen. Sebanyak 253 orang berpartisipasi dalam penelitian ini Analisis validitas dan reabilitas yang akan dipergunakan adalah korelasi product-moment untuk uji validitas dan cronbach alpha untuk uji reliabilitas. Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah 1) terciptanya instrumen tingkat pengetahuan pembeli . 2) Berdasarkan uji validitas ini, dari 50 butir soal hanya 48 butir soal yang dinyatakan valid,instrumen penelitian keputusan pembeli yang diujikan diperoleh 48 item dengan r-hitung > 0,304 dan dinyatakan valid untuk digunakan dalam pengambilan data penelitian. 3) Hasil yang diperoleh adalah r -hitung = 0,951 dan r tabel 0,304, sehingga nilai r hitung > r tabel, maka instrumen ini dinyatakan reliabel dan dapat digunakan sebagai alat pengumpulan data. Kesimpulan. Pengembangan instrumen keputusan pembeli menghasilkan instrumen yang valid dapat mengukur dan mengevaluasi tingkat pengetahuan pembeli terhadap produk olahraga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghekyan-Simonian, M., Forsythe, S., Suk Kwon, W., & Chattaraman, V. (2012). The role of product brand image and online store image on perceived risks and online purchase intentions for apparel. Journal of Retailing and Consumer Services, 19(3), 325–331. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2012.03.006

Ayub, M. T. T. J., & Kusumadewi, N. M. W. (2021). The Effects of Price Perception, Product Knowledge, Company Image, and Perceived Value on Purchase Intentions for Automotive Products. European Journal of Business and Management Research, 6(5), 47–50. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2021.6.5.955

Bjelica, D., & Popovic, S. (2015). Evolution of Advertising with a Specific Retrospection at Sport Advertising (in Montenegrin). Sport Mont, 43,44,45/XIII, 35-41.

Brunello, A. (n.d.). BRAND EQUITY IN SPORTS INDUSTRY. In International Journal of Communication Research 25 Deontology and journalistic ethics.

Mihaela Constantinescu, 2011. "The Specifics of the Sport Product and Their Implications within the Marketing Activity," International Journal of Economic Practices and Theories, Academy of Economic Studies - Bucharest, Romania, vol. 1(2), pages 71-76, September.

Lee, J. H. (2021). Effect of Sports Psychology on Enhancing Consumer Purchase Intention for Retailers of Sports Shops: Literature Content Analysis. Journal of Distribution Science, 19(4), 5–13. https://doi.org/10.15722/jds.19.4.202104.5

Smith, A. C. T. (2008). Introduction to Sport Marketing. UK: Elsevier Ltd.

Springer, S. (2014). Sports wearables are the wave of the future. Boston Globe. [Retrieved from https://www.bostonglobe.com/sports/2014/05/24/sports-wearables-are-wave-future/4gwNDNBYxPCEkD4h9yYf8K/story.html].

Tapsense.com (2014). Wearable Tech in Sports: How and why the sports industry is winning in wearables.[Retrieved from http://tapsense.com/blog/2014/08/04/wearable-tech-sports-sports-industry-winning-wearables/].

Taylor, T. (2016). Sports tech in 2017: What’s next after wrist-worn wearables and fitness trackers? [Retrieved from https://www.si.com/edge/2016/12/27/sports-tech-2017-wearable-technology-future].
Published
2023-03-31
How to Cite
Pranoto, N., Alfarobi, R., & Gemaini, A. (2023). Pengembangan Instrumen Keputusan Pembeli Terhadap Produk Olahraga. JURNAL STAMINA, 6(1), 9-17. https://doi.org/10.24036/jst.v6i1.1222

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.