PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN (AUDIO-VISUAL) TERHADAP KETERAMPILAN SEPAKTAKRAW PADA ATLET UKO UNP PADANG

  • Zumroni Zumroni fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri padang
  • Padli Padli fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri padang
  • Hasriwandi Nur fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri padang
Keywords: Metode Latihan, Keterampilan Sepaktakraw

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan sepaktakraw serta masih belum ditemukannya metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan sepaktakraw pada atlet UKO UNP Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) melihat pengaruh penggunaan metode konvensional terhadap peningkatan keterampilan sepaktakraw pada atlet UKO UNP Padang, (2) melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran (audio-visual) terhadap peningkatan  keterampilan sepaktakraw pada atlet UKO UNP Padang, (3) melihat perbedaan pengaruh antara metode konvensional dengan penggunaan media pembelajaran (audio-visual) terhadap peningkatan  keterampilan sepaktakraw pada atlet UKO UNP Padang.  Jenis penelitian ini  adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah atlet sepaktakraw UKO UNP Padang yang berjumlah 26 orang, terdiri dari 16 orang putra dan 10 orang putri. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan menetapkan atlet putra sebanyak 16 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes : (a) tes menimang bola, (b) tes passing, dan (c)  tes service. Data dianalisis dengan menggunakan statistik uji t dependent sample, dan uji t independent sample. Berdasarkan hasil penelitian ini dan pembahsan dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan peningkatan keterampilan sepaktakraw dengan metode konvensional, (2) terdapat pengaruh yang signifikan peningkatan keterampilan sepaktakraw dengan metode pembelajaran (audio-visual), (3) terdapat perbedaan peningkatan keterampilan sepaktakraw antara kelompok latihan metode konvensional  dengan  kelompok metode pembelajaran (audio-visual). Dimana kelompok latihan metode pembelajaran (audio-visual) lebih efektif dalam peningkatan keterampilan sepaktakraw atlet UKO UNP Padang. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat direkomendasikan untuk meningkatkan keterampilan sepaktakraw disarankan dagar melakukan latihan dengan metode pembelajaran (audio-visual) ikarena terbukti efektif digunakan dalam peningkatan keterampilan sepaktakraw.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-30
How to Cite
Zumroni, Z., Padli, P., & Nur, H. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN (AUDIO-VISUAL) TERHADAP KETERAMPILAN SEPAKTAKRAW PADA ATLET UKO UNP PADANG. JURNAL STAMINA, 1(1), 425-432. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/120

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.